Soal UNBK Ujian Sekolah Biologi SMA 2020 Terlengkap

  • 10 min read
  • Mar 11, 2020
latihan soal unbk biologi sma 2020 terlengkap pembahasan

Biologi adalah pelajaran yang mempelajari tentang makhluk hidup serta komponen-komponennya dan di Indonesia mata pelajaran ini merupakan salah satu yang diujiankan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) atau sekarang diganti menjadi Ujian Satuan Pendidikan (USP).

Oleh karena itu, merupakan suatu kebanggaan apabila dapat mengerjakan soal biologi, apalagi dengan mereka yang mempunyai cita-cita sebagai dosen biologi, atau peneliti makhluk hidup, peneliti biologi makromolekul, semua hal yang berkaitan dengan sel dan komponen kehidupan lainnya.

Namun, sebelum melangkah kepada jurusan yang mengacu pada pelajaran Biologi, siswa atau murid haruslah memahami terlebih dahulu bentuk dan tipe soal yang sering diujiankan dalam biologi, supaya nantinya dapat dengan mudah mengerjakan soal seperti UTBK (SBMPTN) untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di indonesia.

Tapi, jangan takut, karena soal biologi dikategorikan sebagai tidak terlalu sulit apabila dibandingkan dengan soal seperti Fisika dan Kimia, karena pembelajaran mereka tidak sebatas hafalan melainkan suatu pendekatan secara eksak melalui kalkulasi matematis. Di Biologi sebenarnya ada hitungan juga namun tidak signifikan.

Nah, oleh karena itulah, mari kita belajar mengenai biologi melalui soal-soal biologi SMA yang akan dibagikan pada hari ini.

Namun, tidak lupa juga bahwasanya untuk latihan soal biologi, penerapan dan aplikasi yang dapat dengan mudah dicerna oleh otak adalah dengan cara melatih danmengasah teurs menerus soal-soal biologi, dengan demikian, tentunya dapat memudahkan otak untuk mengingat tipe soal.

Tipe soal biologi sudah berstandardisasi nasional, artinya, tiap tahunnya soal-soal biologi yang diujiankan pada sekolah maupun secara nasional akan sangat mirip dengan soal yang dibagikan pada hari ini.

Mengapa kita harus belajar biologi? Tentu saja, biologi adalah subjek kehidupan, tanpa biologi, maka ilmu kedokteran, fisiologi, biologi molekuler, semuanya tidak akan berkembang. Sementara, biologi itu sendirin membuka suatu lapangan yang baru, yaitu materi kimia yang tidak subversif.

Jadi, untuk dapat menggapai cita-cita yang mulia menurut orang ini, yaitu dokter, biologi merupakan mata pelajaran yang wajib atau harus kamu ketahui ya, gengs!

Latihan Soal UNBK Biologi 2020

Soal no. 1-9

1.

Suatu perkebunan membutuhkan tanaman yang memiliki kemampuan atau daya tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Teknik bioteknologi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan membuat:

A) Kloning transfer inti

B) Tanaman transgenik

C) Kultur jaringan

D) Kloning embrio

E) Hibridoma

Jawaban untuk soal itu ialah B. Karena, tanaman transgenik memiliki sifat tolerans terhadap zat kimia tertentu, tahan terhadap hama dan penyakit tertentu, dan mempunyai sifat-sifat khusus yang dapat menguntungkan petani.

Selain itu, tanaman tersebut memiliki kemampuan dapat mengambil nitrogen sendiri dari udara dan dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan buruk.

2.

Tumpahan minyak di lautan akibat kebocoran kapal tanker dapat menyebabkan permukaan laut tertutup minyak. Kondisi ini dapat menghalangi fotosintesis plankton, selanjutnya menyebabkan rantai makanan terputus. Apakah memungkinkan terjadinya evolusi dalam ekosistem dalam jangka waktu lama?

A) Ya, perubahan lingkungan mempengaruhi perubahan cara adaptasi individu

B) Ya, perubahan lingkungan dapat mempercepat kejadian mutasi.

C) Ya, fotosintesis plankton tergeser menjadi kemosintesis.

D) Tidak, perubahan lingkungan tidak mempengaruhi cara adaptasi individu

E) Tidak, perubahan lingkungan tidak menyebabkan mutasi

Untuk menjawab soal seperti ini, kamu harus paham dulu apa itu evolusi biologi. Secara sederhana, evolusi biologi adalah perubahan genetik dalam populasi yang diwariskan selama beberapa generasi. Perubahan tersebut mungkin dapat terjadi dalam skala kecil atau besar, terlihat atau tidak begitu terlihat.

Suatu fenomena kehidupan dikatakan sebagai hasil evolusi harus terjadi pada tingkat genetik populasi dan diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan tersebut berarti bahwa gen, atau lebih khusus, alel dalam perubahan populasi dan diwariskan. Perubahan itu juga terjadi pada fenotipe dari populasi.

Pada contoh kasus di soal tersebut, keadaan tumpahan minyak di lautan akan mempengaruhi pola kehidupan organisme laut sehingga membuatnya harus beradaptasi, mutasi, atau bahkan terjadi rekombinasi pada gen organisme laut.

Dalam jangka waktu yang lama, hal itu akan mengubah komposisi genetik organisme di daerah tumpahan minyak tersebut sehingga terjadi suatu evolusi. Dengan demikian, perubahan lingkungan mempengaruhi perubahan cara adaptasi individu organisme di dalamnya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban A.

3.

Perhatikan jenis hewan berikut:

(1) Cumi-cumi

(2) Ikan Buntal

(3) Bekicot

(4) Gurita

(5) Kerang

Dari jenis-jenis hewan tersebut yang termasuk kelas cephalopoda ialah:

A) 1 dan 2

B) 3 dan 4

C) 2 dan 5

D) 1 dan 4

E) 3 dan 5

Agar dapat menjawab soal tersebut, kamu harus tahu tentang ciri-ciri kelas hewan cephalopoda. Hewan kelas tersebut memiliki beberapa ciri-ciri yang sangat mudah kamu ingat.

Ciri pertama yang paling mudah ialah alat geraknya terdapat di bagian kepala, tubuhnya terdiri dari dua bagian (kepala dan badan yang dihubungkan leher), dan tidak mempunyai rangka luar atau cangkok (kecuali jenis hewan nautilus). Dari penjelasan itu sudah sangat jelas jawaban yang tepat ialah D.

4. 

Bagian otak yang terganggu fungsinya oleh penyakit vertigo adalah:

A) Diensefalon

B) Cerebrum

C) Cerebellum

D) Mesencephalon

E) Myelencephalon

Soal ini berkaitan dengan dua materi sekaligus, yakni materi penyakit dan organ tubuh manusia. Untuk dapat menjawab soal tersebut, kamu harus paham dulu apa yang dimaksud dengan vertigo.

Secara sederhana, vertigo merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang merasa dirinya atau lingkungan sekitarnya seolah-olah berputar.

Hal itu menyebabkan penderita vertigo kehilangan keseimbangan tubuhnya. Pada otak manusia, keseimbangan tubuh manusia diatur pada bagian otak kecil. Dalam bahasa ilmiahnya, otak kecil disebut Cerebellum. Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal tersebut ialah C.

5.

Gas CO yang masuk ke dalam sistem pemapasan kita dapat menyebabkan kematian karena:

A) Gagalnya pengangkutan oksigen oleh hemoglobin

B) Melemahnya otot diafragma sehingga meluasnya alveolus

C) Karena banyaknya gas CO sehingga paru-paru membesar tidak dapat berkontraksi

D) Penyempitan saluran pernapasan karena alergi gas CO

E) Racun gas CO menyebabkan jantungg tidak dapat berkontraksi

Gas CO atau karbon monoksida berbahaya kepada manusia karena dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh manusia. Gangguan itu seperti pusing, sesak nafas, muntah-muntah, kehilangan kesadaran bahkan sampai pada kematian.

Penyebab gas tersebut dapat menyebabkan kematian karena saat gas CO terhidup oleh tubuh, maka CO akan segera masuk ke dalam darah dan berikatan dengan haemoglobin.

CO lebih mudah diikat oleh haemoglobin dibandingkan dengan oksigen atau O2. Dari penjelasan itu sudah jelas bahwa jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban A.

6. 

Perhatikan hal-hal berikut ini:

(1) Berhabitat di tempat yang lembab dan basah

(2) Mengalami metagenesis

(3) Sudah mempunyai jaringan pengangkut

(4) Belum berkormus

Yang merupakan ciri Bryophyta adalah:

A) 1, 2 dan 4

B) 1, 2, 3 dan 4

C) 3 dan 4

D) 2, 3 dan 4

E) 1, 2 dan 3

Byrophyta merupakan bahasa ilmiah untuk tumbuhan lumut. Tumbuhan tersebut memiliki ciri-ciri berhabitat di tempat yang lembab dan basah. Hidupnya secara berkoloni dan merupakan tumbuhan peralihan dari Thallophyta (tumbuhan bertalus) dan Cormophyta (tumbuhan berkormus).

Selain itu, lumut termasuk tumbuhan yang telah mengalami metagenesis, yakni pergiliran keturunan antara fase vegetatif (fase sporofit) dan fase generatif (fase gametofit). Lumut memiliki akar rhizoid yang berfungsi untuk melekat pada substrat dan mengangkut air dan zat-z at hara ke seluruh bagian tubuh. Tumbuhan tersebut juga tidak memiliki jaringan pengangkut.

Itulah beberapa ciri utama dari tumbuhan lumut. Bila merujuk pada kolom ciri-ciri pada soal tersebut, maka jawaban yang tepat ialah A.

7. 

Jenis hewan yang memiliki dua macam carareproduksi, seksualis dan aseksualisadalah………

 A . Taenia saginata

B. Lumbricus terrestris

C . Hydraviridis

D . Nereis vexillosa

E . Hirudo medicinalis

Kunci : C

Penyelesaian :– Hydra viridis ini tergolong coelantarata, yangmempunyai dua macam reproduksi,seksual dan aseksual.– Lumbricus terrestris (cacing tanah) ini dapatberkembang biak dengan aseksual (vegetatif)– Nereis Vexillosa dan Hirudo medicinalis juga hanyaberkembang biak dengan aseksual.

8.

Data alat reproduksi wanita :

1. infundibulum

2. vulva

3. vagina

4.Uterus

5. ovarium

6. tuba faloppi

Urutan jalannya sel telur sampai terjadinya pembuahandan embrio adalah …. 

A . 1-2-3-4

B . 1-4-5-6

C . 2-3-4-5

D . 3-4-6-1

E . 5-1-6-4

Kunci : E

Penyelesaian :Jawaban yang benar adalah (E) yaitu dimulai Ovarium– infundibulum – tuba faloppi –uterus.

9.

Berikut ini adalah beberapa jenis tumbuhan :

1. lumut hati

2. lumut daun

3. paku ekor

4. paku kawat

5. suplier

Kelima jenis tumbuhan diatas memiliki persamaantanda-tandanya yaitu : 

A . sudah mempunyai akar, batang dan daun

B . dalam daur hidupnya terdapat pergiliran keturunan

C . habitat di darat dan air tawar

D . memiliki berkas pengangkut xilem dan floem

E . memiliki rizoid sebagai alat pelekat

Kunci : B

Penyelesaian :Kelima jenis tumbuhan itu mempunyai persamaandalam daur hidupnya terdapat pergiliran keturunan.

Nah, sampai di sini bagaimana mengenai soal-soal biologi SMAnya, apakah mudah atau sulit? Kamu bisa langsung mengistirahatkan otak terlebih dahulu, setelah itu melalui tabel konten, kamu dapat melanjutkan ke soal berikutnya yaitu soal no. 11-19.

Soal no.11-19

11. Berikut ini nama organ penyusunan sistem
pernapasan pada manusia :
1. bronkus
2. alveolus
2. bronkhiolus
3. laring
5. rongga hidung
Urutan yang benar masuknya udara pernapasan
adalah ……
A . 1-2-3-4-5
B . 5-1-3-4-2
C . 5-4-3-2-1
D . 5-4-1-3-2
E . 5-4-3-1-2
Kunci : D
Penyelesaian :
Sudah jelas bahwa Seluruh pencernaan terdiri atas :
hidung, faring atau (tekak), trakea
(batang tenggorokan), bronkus, bronkhiolus dan
alveolus (kantong udara).

12. Sistem ekskresi pada vertebrata terdiri atas organorgan :
1. ginjal
2. kulit
3. hati
4. paru-paru
5. insang
Organ manakah berfungsi membuang sampah yang
mengandung N (Nitrogen) ?
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
E . 5
Kunci : A
Penyelesaian :
1. Ginjal : membuang sampah yang mengandung
urine, nitrogen
2. Hati : mengekresikan empedu
3. Insang : mengekresikan garam dan air
4. Kulit : mengekresikan air dalam tubuh
5. Paru-paru : mengekresikan O2

13. Persilangan antara tanaman tomat berbuah
banyak (B), rasa asam (m) dengan tanaman
tomat berbuah sedikit (b), rasa manis (M)
menghasilkan tanaman tomat berbuah banyak,
rasa manis pada F1. Apabila keturunan pertama (F1)
disilangkan sesamanya maka genotip
yang paling baik dari keturunannya (galur murni)
adalah …….
A . bbmm
B . BbMm
C . BbMM
D . BBMm
E . BBMM
Kunci : E
Penyelesaian :
G = BBmm X bbMM
F1 = BbMm
F2 = F1 x F1
BbMm x BbMm
Genotipnya
1 BBMM : 2 BBMm : 4 BbMb : 2 BbMM : 1 bbmm
2 BbMM : 1 BBmm : 1 bbMM
Jumlah keseluruhan
Tiap genotip yang diharapkan diantara keturunan
1/16 4/16 6/16 4/16 1/16
Jumlah yang berwarna pada setiap genotip
4 3 2 1 0
Jadi genotip yang paling baik adalah BBMM.

14. Urutan basa Nitrogen rantai sense: ATS, GGA,
SST, AAG, AAS maka rantai dari ARN
duta yang terbentuk adalah ……
A . ASU, GGA, SSU, AAG, AAS
B . AAG, GGU, SSU, AAG, AAS
C . GAU, SSS, AAG, SSU, GGU
D . UGA, SUS, GAG, SUU, UGU
E . UAG, SSU, GGA, UUS, UUG
Kunci : A
Penyelesaian :
Jadi, ATS, GGA, SST, AAG, AAS berubah atau
berbentuk menjadi ASU, GGA, SSU,
AAG, AAS

15. Diketahui ciri-ciri suatu habitat sebagai berikut :
curah hujan rendah, gersang, penguapan
tinggi, perbedaan temperatur siang dan malam sangat
tinggi. Habitat dengan ciri-ciri
tersebut tergolong bioma …..
A . padang pasir
B . padang rumput
C . hutan gugur
D . taiga
E . tundra
Kunci : A

16. Perubahan lingkungan dapat terjadi karena
perbuatan manusia, seperti yang terjadi di
pantai Kampung Laut Cilacap dengan membabat hutan
bakau untuk tambak ikan. Sebagai
akibat pembabatan hutan bakau ……..
A . populasi ikan besar meningkat, karena arealnya
lebih luas
B . populasi ikan besar menurun, karena kehilangan
tempat berteduh
C . populasi udang benar meningkat, karena lebih
leluasa mencari tempat tinggal
D . populasi udang kecil menurun, karena tidak bisa
mencari makanan yang menempel
pada akar bakau
E . penduduk Kampung Laut Cilacap secara mendadak
terserang wabah muntaber
Kunci : D

17. Flora dan fauna yang hidup dipermukaan tanah
maupun yang ada di dalam tanah sangat
mempengaruhi kesuburan tanah. Hal ini sesuai dengan
pernyataan berikut, kecuali ……….
A . makrofauna tanah menghancurkan bahan-bahan
mineral tanah
B . mikrofauna tanah menghancurkan bahan organik
secara mekanik
C . cendawan dan bakteri berperan dalam mineralisasi
D . mikroflora membantu menguraikan senyawa
organik menjadi bahan anorganik
E . alga biru bersel satu memfiksasi N2 dari udara
bebas
Kunci : B
Penyelesaian :
Jawaban yang salah adalah B yaitu mikro fauna tanah
menghancurkan bahan organik
secara mekanik tetapi yang benar adalah mikro fauna
tanah menghancurkan bahan organik
menjadi anorganik tidak secara mekanik atau
menghancurkan (menguraikan) bahan
organik menjadi anorganik mineral atau unsur hara.

18. Usaha untuk mencukupi kebutuhan makanan
dapat dilakukan dengan mencari dan
menemukan varietas-varietas unggul dari berbagai
tanaman. Disamping itu juga dilakukan
intensifikasi budidaya laut dengan cara …..
A . penangkapan ikan dengan pukat harimau
B . pencarian mutiara dengan menggunakan alat
canggih
C . penanaman rumput laut di pantai-pantai yang
landai
D . pemanfaatan air laut sebagai sumber air tawar
E . pemanfaatan unsur-unsur logam di dasar laut
Kunci : C
Penyelesaian :
Intensifikasi budaya laut dilakukan dengan cara
menanam rumput laut di pantai-pantai yang
meliputi kerang-kerangan, ikan berenang, ikan kerapu,
udang, kepiting, rajungan, udang
barong dan alga (ganggang).

19. 37 . Salah satu usaha pemuliaan tanaman untuk
memperoleh bibit unggul adalah dengan cara …
A . tekhnik hidroponik
B . kultur jaringan
C . domestikasi
D . hibridasi
E . mutasi alam
Kunci : D
Penyelesaian :
Ditemukannya bibit unggul yang tahan lama dan
penyakit serta mampu berproduksi banyak
penemuan bibit unggul dengan cara hibridisasi
(perkawinan silang) atau tradisi (penggunaan
radiasi).

Soal no. 20-30

Untuk soal biologi yang ke-20 hingga ke-30 ini akan ditingkatkan tingkat kesulitannya, karena kita ingin menciptakan kawula muda (generasi muda) yang dapat memahami secara betul-betul tipe-tipe soal biologi yang tergolong LOTS (Lower Order Thinking Skills), MOTS (Medium Order Thinking Skills), HOTS (Higher Order Thinking Skills).

20.  Seorang ibu hamil yang terkena radiasi sinar gama
pada kandungannya dapat menderita ….
A . kemandulan
B . kanker
C . cacat jawa
D . tumor
E . leukemia
Kunci : C
Penyelesaian :
Sudah jelas, bahwa apabila seorang ibu hamil yang
terkena radiasi sinar gamma pada
kandungannya dapat menderita cacat janin, jika
janinnya dapat hidup.

21.  Mutagen di alam yang menyebabkan mutasi
adalah ……….
A . sinar gamma
B . sinar rontgen
C . sinar ultra violet
D . sinar neon
E . sinar beta
Kunci : C
Penyelesaian :
– Sinar ultraviolet merupakan mutagen (penyebab
mutasi) alami
– Sinar gamma, rontgen dan sinar beta adalah
mutagen buatan
– Sinar neon bukan sinar radioaktif (radiasi)

22. Yang dimaksud konjugasi adalah peleburan 2
individu yang ……..
A . ukuran selnya sama besar
B . belum jelas organ reproduksinya
C . sudah jelas jenis kelaminnya
D . ukuran selnya tidak sama besar
E . belum dapat dibedakan jenis kelaminnya
Kunci : E
Penyelesaian : Konjugasi adalah peleburan 2 sel
(individu) yang jenisnya berbeda, tetapi jenis
kelaminnya belum diketahui. Contoh : Paramaecium
sp, Rhizopus sp, Spirogyra sp

23. Tujuan pemberian nama suatu organisme secara
binomial nomenklatur adalah untuk …….
A . menyeragamkan nama seluruh jenis makhluk hidup
B . memudahkan penamaan suatu jenis makhluk hidup
C . menyeragamkan jumlah kata nama suatu jenis
makhluk hidup
D . menentukan kesamaan pengertian terhadap suatu
jenis makhluk hidup
E . memudahkan penulisan nama suatu jenis makhluk
hidup
Kunci : C
Penyelesaian : – Setiap makhluk hidup mempunyai
nama yang bermacam-macam (setiap negara
mempunyai nama sendiri-sendiri). – Untuk
menyeragamkan nama-nama tadi sehingga hanya
menjadi satu nama, maka digunakan sistem binomial
nomenklatur.

24.  Menurut Darwin, kemampuan individu bertahan
hidup karena ………
A . ukurannya kuat
B . tubuhnya kuat
C . cepat bereproduksi
D . dapat beradaptasi
E . melakukan migrasi
Kunci : D
Penyelesaian : Setiap individu pada dasarnya bersaing
dengan individu lain untuk mendapatkan : makanan,
udara, tempat hidup, dll. Atau secara singkatnya seorang makhluk hidup yang dapat dikategorikan sebagai survival of the fittest.

25. Perubahan sifat protoplasma Amoeba dan fase gel
ke fase sol sangat menguntungkan, karena bermanfaat
untuk …….
A . persiapan membelah diri
B . memperoleh oksigen dan lingkungan
C . menyesuaikan diri dengan lingkungan
D . melindungi diri dari kekeringan
E . membentuk kaki semu
Kunci : E
Penyelesaian : Protoplasma Amoeba dalam fase gel
(padat) menyebabkan amoeba tidak bergerak. Jika
terjadi perubahan dan fase gel ke sol (cair)
menyebabkan terjadinya aliran protoplasma sehingga
terbentuk kaki semu dan amoeba bergerak.

26. Bakteri yang menghasilkan antibiotik ialah ……..
A . Streptomyces – Penisillium notatum
B . Bacillus subtilis – Streptomyces grisseus
C . Penicillium notaturo – Penicillium chrysogenum
D . Azotobacter chroococcum – Clostridium sp
E . Staphylocbccus sp – Pseudomonas sp
Kunci : B
Penyelesaian : Bakteri penghasil antibiotik : 1.
Streptomyces griceus : penghasil antibiotik
streptomisin 2. Streptomyces aureofaciens : antibiotik
aureomisin 3. Streptomyces venezuelae : antibiotik
kloromisetin 4. Streptomyces rimusus : antibiotik
teramisin.

27. Fungsi akar pada tanaman adalah …
A . untuk mengangkut air dan garam-garam dari akar
ke daun
B . menyerap air dan zat hara yang terlarut di
dalamnya
C . menyimpan cadangan makanan dan mengangkut
hasil asimilasi
D . mengangkut hasil fotosintesis dan mengalirkan ke
seluruh tubuh
E . mengalirkan air dan garam-garam tanah ke seluruh
tubuh0
Kunci : B
Penyelesaian : Akar tumbuhan berfungsi menyerap air
dan unsur hara yang terlarut di dalamnya. Untuk itu
akar tanaman mempunyai banyak bulu bulu akar guna
memperluas bidang penyerapan.

28. Jenis penyakit pada ayam yang disebabkan oleh
virus adalah ……..
A . CVPD
B . Mozaik
C . Rabies
D . Tungro
E . Tetelo/NCD
Kunci : E
Penyelesaian : Tetelo (parrot desease) disebabkan
oleh virus NC D (New Castle Desease) merupakan
penyakit paling merugikan pada ternak ayam.

29. Cyanophyceae dikatakan sebagai vegetasi
perintis, sebab mampu hidup ……..
A . pada dasar lautan
B . pada tempat batu-batuan
C . tanpa menggunakan O2 bebas
D . dari zat anorganik saja
E . pada organisme lain
Kunci : B
Penyelesaian : Alga biru (Cyanophyceae) disebut
vegetasi perintis, karena mampu hidup pada tempat
batu-batuan yang organisme lain tidak dapat hidup.
Alga biru dapat menghasilkan CO2 dan jika bereaksi
dengan H2O terbentuk H2CO.

30. Jenis hormon yang mempengaruhi pertumbuhan
akar tanaman adalah …….
A . rhizokalin
B . florigen
C . auksin
D . anthokalin
E . filokalin
Kunci : A
Penyelesaian : Hormon yang mempengaruhi
pertumbuhan : – daun disebut filokalin – akar disebut
rhizokalin – batang disebut kaulokolin – bunga/buah
disebut anthokalin.

 

Oke cukup sekian informasi bank soal-soal biologi SMA 2020 terlengkap dengan pembahasan, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, para siswa yang ingin mengejar nilai yang bagus dalam subjek biologi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *