9

Latihan Soal UN USBN Biologi Terlengkap 2020

Setelah sebelumnya membagikan mengenai bank soal PKN, mari kita bahas secara detail dan konseptual apa saja yang akan keluar dalam Ujian Nasional Biologi?

Ujian Nasional menjadi momok yang sangat menakutkan karena siswa dituntut untuk dapat menyelesaikan dan mendapatkan nilai yang dapat memuaskan harapan, oleh karena itulah, perlu diadakannya suatu rekonsiliasi pikiran.

Namun, hal ini bukan lagi menjadi masalah yang besar karena di sini kita akan membagikan latihan soal terlengkap Biologi untuk ujian nasional dan USBN atau ujian satuan pendidikan sekolah (sekarang).

Jadi, ketika sudah mempelajari banyak latihan-latihan soal ini, diharapkan adik-adik atau siswa-siswa dan guru-guru dapat berkoordinasi dan membentuk soal yang lebih kreatif lagi dari ini, karena Ujian Nasional menggunakan pola pemikiran HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Dengan banyaknya latihan soal-soal dari demenshare, admin akan menjamin bahwa kamu semuanya akan sukses dan mendapatkan hasil ujian nasional biologi di atas 90 atau bahkan sempurna nilai 100, aaminn. Yang terpenting adalah usahanya karena latihan di sini dijamin amanah dan terpercaya.

Soal-soal yang telah admin kumpulkan pun bersifat komprehensif dan mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda, jadi ada memang soal yang dibuat mudah dan ada soal biologi yang dibuat sulit.

Untuk menambahkan, soal latihan biologi untuk UN juga sudah disiapkan kunci jawaban beserta pembahasan secara mendetail dan mendalam, konseptual dan logis, sehingga tidak ada kekeliruan yang berkesinambungan.

Soal dan Seluk Beluk Biologi

Biologi pada dasarnya adalah mengacu pada studi mengenai benda yang hidup atau mempelajari ilmu tentang makhluk hidup beserta komponennya.

Biologi telah dipelajari sejak zaman manusia modern berevolusi, menciptakan suatu siklus sistem pendidikan termutakhir untuk jenjang Biologi.

Nah, di Indonesia, karena kita menganut pada sistem kurikulum 2013 revisi (K13 Revisi), maka diwajibkanlah bagi siswa-siswa untuk memilih satu mata pelajaran saja yang kemudian akan ditest atau dilakukan uji coba jawab pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (sekarang diganti Ujian Sekolah saja).

Kalau kamu memilih biologi, maka hal yang bagus kamu berada di blog ini, tanpa panjang lebar, yuk langsung saja rangkuman, pembahasan, soal-soal, materi dan jawaban dari BIOLOGI terlengkap untuk bahan pembelajaran di tahun 2020.

1. Topik : Keanekaragaman Hayati dan Ekologi

Perhatikan ciri-ciri makhluk hidup berikut ini !

  1. Eukariot
  2. Heterotrof
  3. Pencernaan ekstraseluler
  4. Tidak memiliki klorofil
  5. Dinding sel tersusun atas kitin

Peranan organisme yang memiliki ciri di atas dalam ekosistem adalah…..

A. konsumen

B. produsen

C. dekomposer

D. detritivor

E. herbivor

Jawaban : C

Pembahasan :

Organisme yang memiliki ciri sesuai dengan pernyataan di atas adalah jamur. Jamur merupakan kelompok makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan sisa makhluk hidup lain. Ciri lain dari fungi adalah bersifat heterotrof, tidak berklorofil, tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Fungi memiliki sistem pencernaan ekstraseluler dengan mengeluarkan enzim. Dalam ekosistem fungi memiliki peranan sebagai dekomposer yang dapat menguraikan senyawa organik menjadi senyawa anorganik.

separator un biologi sma

##### : Ekologi

soal no 2

Perhatikan gambar di bawah ini!

Kesimpulan yang tepat untuk gamar piramida energi diatas adalah….

A. Ketika puncak piramid dicapai, jumlah individu menurun tapi jumlah energinya meningkat

B. Ketika puncak piramid dicapai, jumlah individu meningkat, dan jumlah energi sama

C. Pada dasar piramid, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah paling besar

D. Pada dasar piramid, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah paling rendah

E. Pada semua tingkat, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah sama

Jawaban : C

Pembahasan :

Piramida energi adalah piramida yang menggambarkan suatu perpindahan energi dari satu tingkatan tropik ke tingkatan tropik lainnya yang terjadi diekosistem. Pada piramida energi terjadi penurunan sejumlah energi berturut-turut yang tersedia di tiap tingkat trofik. Berkurangnya energi yang terjadi di setiap trofik terjadi karena hal-hal berikut :

  • Konsumen hanya mendapatkan 10% energi dari tingkatan tropik di bawahnya
  • Beberapa makanan yang dimakan tidak bisa dimakan dan dikeluarkan sebagai sampah.
  • Hanya sebagian makanan yang dicerna menjadi dari tubuh organisms, sedangkan sisanya digunakan sebagai sumber energi.
separator un biologi sma

3. Topik :Keanekaragaman Makhluk Hidup

Pencemaran lingkungan dapat ditimbulkan oleh berbagai bahan pencemar, salah satunya adalah penumpukan kotoran dari peternakan. Cara mengatasi bahan pencemar itu sehingga menjadi bermanfaat bagi manusia adalah….

A. mengeringkan dan memadatkannya sebagai bahan bakar

B. menampung dan memprosesnya menjadi biogas

C. mengolahnya menjadi makanan ternak

D. memanfaatkannya untuk industri kertas

E. memprosesnya sebagai bahan campuran industri kayu lapis

Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu pencemaran lingkungan dapat disebabkan oleh penumpukan kotoran dari peternakan. Seperti kotoran dari peternakan sapi yang akan menimbulkan bau tidak sedap dan dapat menjadi sumber penyakit bagi lingkungan sekitar jika didiamkan. Melalui perkembangan teknologi khususnya bioteknologi terdapat cara mengatasi penumpukan kotoran yang merupakan limbah organik ini menjadi bahan yang lebih bermanfaat seperti biogas. Biogas merupakan sumber energi alternatif selain gas LPG yang dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat untuk sumber energi kompor gas. Kotoran sapi akan ditampung terlebih dahulu untuk selanjutnya diproses menjadi biogas. Selain itu, kotoran sapi juga dapat dipergunakan menjadi pupuk cair, pupuk kering dan pupuk kandang yang akan bermanfaat untuk tumbuhan.

separator un biologi sma

4. Topik : Sistem Organ Pernapasan

Perhatikan data hasil pengukuran volume udara pernapasan di bawah ini, pada seorang wanita, usia 20 tahun, posisi duduk, tinggi badan: 150 cm, berat badan: 44 kg, suhu kamar: 25°C.

soal no 4

Berdasarkan data diatas udara cadangan inspirasi adalah sebanyak….

A. 625 ml

B. 750 ml

C. 1500 ml

D. 3625  ml

E. 4625 ml

Jawaban : B

Pembahasan :

Daya tampung paru-paru setiap orang berbeda-beda. Dalam keadaan normal, paru-paru orang dewasa rata-rata dapat menampung udara sebanyak 4,5-6 liter atau 4.500-6.000 cc. Daya tampung udara maksimal paru-paru itu disebut kapasitas total paru-paru. Kapasitas total paru-paru terdiri atas udara cadangan inspirasi, udara cadangan ekspirasi, udara tidal dan udara residu. Volume udara tambahan ketika menarik napas sedalamdalamnya setelah bernapas normal disebut udara cadangan inspirasi. Berdasarkan tabel di atas, udara cadangan inspirasi sebanyak 750 ml.

separator un biologi sma

5. Topik : Pertumbuhan dan Perkembangan

Pada sebuah percobaan perkecambahan, biji kacang merah ditanam dalam pot yang berbeda yaitu pot A dan B. Pot A ditanam biji kacang merah dengan pemberian air 10 ml perhari, sedangkan pot B ditanam biji kacang merah dengan pemberian air 25 ml perhari. Setelah didiamkan selama 5 hari kondisi pot A mulai tumbuh kecambah dan pot B tidak tumbuh kecambah. Berdasarkan percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa….

A. pemberian air tidak mempengaruhi proses perkecambahan

B. air yang terlalu banyak tidak akan mempengaruhi proses perkecambahan

C. laju penguapan tanaman pot A lebih tinggi sehingga kecambah dapat tumbuh

D. kadar air yang terlalu banyak pada pot B membuat biji mengalami pembusukan

E. laju penguapan tanaman pot B terlalu rendah sehingga kecambah busuk

Jawaban : D

Pembahasan :

Air merupakan salah satu faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar tumbuhan) yang dapat mempercepat proses perkecambahan dan menghentikan masa dormansi biji. Biji akan menyerap air dari lingkungan sekitarnya, baik dari tanah maupun udara. Peristiwa masuknya air tersebut dinamakan imbibisi. Proses imbibisi merupakan awal dari proses perkecambahan. Kehadiran air ke dalam sel setelah proses imbibisi akan mengaktifkan hormon pertumbuhan dan juga enzim yang akan mendukung proses pertumbuhan biji menjadi kecambah. Jumlah air yang masuk ke dalam biji harus sesuai dengan ukuran biji, karena jumlah air yang terlalu banyak dapat menyebabkan pembusukan biji. Jika biji mengalami pembusukkan maka tidak akan dapat berkembang menjadi kecambah. Jumlah air yang diberikan di pot B terlalu banyak sehingga menyebabkan biji membusuk dan tidak berkembang menjadi kecambah, sedangkan di pot A jumlah air cukup dan biji berkembang menjadi kecambah.

separator un biologi sma

##### : Materi Genetik

Di bawah ini merupakan beberapa fungsi RNA:

  1. disintesis dari pola DNA
  2. menerjemahkan kodon mRNA
  3. mengatur urutan asam-asam amino
  4. hasil dari aktivitas transkripsi
  5. membawa kode genetik ke ribosom
  6. mengikat asam-asam amino

Fungsi dari mRNA adalah….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 2, 3, dan 4

D. 1, 4, dan 5

E. 4, 5, dan 6

Jawaban : D

Pembahasan :

Messenger RNA atau mRNA disebut juga RNA duta yang berfungsi menyampaikan informasi genetik/kode genetik dari DNA yang terdapat di dalam inti sel ke luar inti (ribosom) untuk diterjemahkan menjadi asam amino. mRNA berbentuk pita tunggal dan dibentuk di dalam inti sel oleh DNA melalui proses transkripsi. Pembentukan mRNA hanya terjadi apabila akan dilakukan sintesis protein. Setelah disintesis oleh DNA, mRNA yang telah membawa informasi dari DNA tersebut akan dikirim keluar dari inti sel untuk diterjemahkan dalam proses sintesis protein.

separator un biologi sma

##### : Metabolisme Sel Enzim/Anabolisme

Bakteri kemosintesis yang terlibat dalam persamaan reaksi

Ca(NO2)2 +  O2 → Ca(NO3)2  adalah….

A. Nitrosomonas

B. Nitrobacter

C. Aztobacter

D. Acetobacter

E. Nitrococcus

Jawaban : B

Pembahasan : E

separator un biologi sma

##### : Bioteknologi

Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan prinsip bioteknologi

Mikroorganisme yang digunakan dalam proses bioteknologi harus memiliki sifat-sifat tertentu, di antaranya….

A. menghasilkan produk yang bersifat alergen

B. merupakan mikroba patogen yang membahayakan

C. tidak menghasilkan racun atau toksin sampingan yang berbahaya

D. memiliki produktivitas yang tinggi serta sifat yang mudah dikendalikan

E. memerlukan persyaratan nutrisi yang tidak rumit

Jawaban : D

Pembahasan :

Proses bioteknologi pada umumnya mencakup pengubahan suatu bahan baku oleh aktivitas suatu organisme untuk menghasilkan suatu produk akhir yang diinginkan. Meskipun ukurannya sangat kecil mikroorganisme memiliki peranan yang besar untuk menghasilkan produk bioteknologi. Sifat yang harus dimiliki mikroorganisme sebagai agen bioteknologi diantaranya adalah memiliki pertumbuhan yang cepat serta mudah dikendalikan, panen lebih cepat, mudah dimutasikan, tidak berpotensi untuk menyebabkan penyakit, dan lebih murah. Mikroorganisme juga dapat direkayasa genetiknya untuk membawa gen-gen yang berasal dari manusia, hewan, dan tumbuhan, atau sebaliknya, untuk menghasilkan produk-produk yang diinginkan.

separator un biologi sma

9. Topik : Metabolisme sel enzim

Indikator : Peserta didik mampu menentukan sifat enzim dan kinerjanya

Perhatikan grafik kerja enzim berikut ini!

soal no 9-1

Menurut grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa….

A. jenis enzim akan menentukan arah reaksi

B. enzim sangat mempengaruhi kecepatan reaksi

C. enzim akan meningkatkan jumlah energi suatu reaksi

D. kualitas substrat akan lebih baik dengan adanya enzim

E. enzim tidak menentukan arah reaksi

Jawaban : B

Pembahasan :

Enzim merupakan suatu senyawa protein yang memiliki kemampuan mengkatalis, yaitu meningkatkan kecepatan laju reaksi tanpa ikut bereaksi. Tanpa enzim suatu reaksi akan berjalan sangat lambat. Pada grafik di atas terlihat suatu reaksi yang menghasilkan substrat dengan katalis (enzim) dan tanpa katalis (tanpa enzim). Berdasarkan grafik dapat disimpulkan bahwa reaksi dengan katalis membutuhkan waktu yang lebih cepat dan konstan dalam menghasilkan substrat. Sedangkan reaksi tanpa katalis lebih lambat dan tidak konstan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian enzim/katalis sangat mempengaruhi kecepatan suatu reaksi.

separator un biologi sma

10. Topik : Pembelahan Sel

Indikator : Peserta didik mampu menyebutkan reproduksi sel

Perhatikan diagram fase-fase pembelahan sel secara mitosis berikut ini!

soal no 10

Urutan fase-fase yang benar dalam proses pembelahan mitosis adalah….

A. 5 – 1 – 4 – 2 – 3

B. 4 – 5 – 1 – 2 – 3

C. 3 – 4 – 2 – 5 – 1

D. 2 – 3 – 5 – 5 – 4

E. 1 – 2 – 3 – 4 – 5

Jawaban : A

Pembahasan :

Pembelahan sel merupakan proses perbanyakan sel, dimana proses pembelahan ini dapat terjadi secara mitosis dan meiosis.Mitosis merupakan peristiwa pembelahan sel yang terjadi pada sel tubuh (sel somatik) yang akan menghasilkan sel anakan yang secara genetik identik dengan induknya. Pembelahan mitosis terdiri dari empat tahap, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Ciri dari setiap tahapan adalah sebagai berikut:

1) Profase (5)

Kromatin menebal membentuk kromosom, membran inti mulai menghilang, dan terbentuk benang-benang gelendong.

2) Profase akhir (1)

Sudah terbentuk benang spindel dan kromosom sudah menempel pada benang sepindel akan tetapi letaknya belum berada di bidang ekuator.

3) Metafase (4)

Kromosom berada di ekuator sel dan membentuk lempeng metafase. Sebelum metafase terdapat tahapan prometafase yang ditandai dengan kromosom bergerak menuju bidang ekuator sel.

4) Anafase (2)

Kromosom memisahkan diri dan ditarik ke arah kutub berlawanan oleh benang-benang mitosis atau kinetokor.

5) Telofase (3)

Mulai terbentuk nukleus dan membran nukleus yang baru, kromosom terlepas kembali menjadi kromatin, terjadi sitokinesis atau pembelahan sitoplasma, dan terbentuk dua sel anak yang identik dengan induk.

Latihan Soal-Soal Biologi Agar Pintar Cerdas

1. Mendel telah menemukan bahwa sifat-sifat makhluk hidup dapat diturunkan melalui  faktor-faktor keturunan.  Penemuan  ini selanjutnya  dikembangkan melalui penelitian-penelitian yang akhirnya menghasilkan  fakta bahwa DNA membawa materi genetik. Melalui perkembangan bioteknologi muncullah  teknik  rekayasa  genetika   Dalam bidang kedokteran  teknik  rekayasa genetika dapat dimanfaatkan  untuk menghasilkan  ….

A. vaksin hepatitis B dan interferon alfaB. insulin manusia dan antibodi monoklonalC. antibiotika dan hormon pertumbuhanD. enzim restriksi dan protein sel tunggalE. asam amino dan vitamin


2. Sekelompok  siswa sedang mengamati  cumi-cumi, kerang, dan bekicot. Hewan-hewan tersebut mempunyai  persamaan,  yaitu bertubuh  lunak sehingga hewan  tersebut dimasukkan dalam kelompok ….A. MoluscaB. ChephalopodaC. GastropodaD. BivalviaE. Pelecypoda


3. Hasil  tes urin seseorang  ternyata mengandung  protein. Hal ini menunjukkan adanya gangguan  pada proses  …A. penyaringan darah di glomerulusB. penyerapan kembali pada tubula kontorti distalC. pengurnpulan urin primer di tubula kontorti proksimalD. penampungan urin di pelvis renalisE. penyaluran urin di saluran ureter


4.  Hormon LH (luteinizing hormon)  dalam sistem  reproduksi berperan  dalam proses  ….A. OvulasiB. kontraksi uterusC. sekresi estrogenD. sekresi kelenjar susuE. pertumbuhan folikel primer


5. Respirasi merupakan  proses  pembebasan energi  yang  tersimpan dalam  zat-zat makanan. Pada proses katabolisme  karbohid”rat  terjadi  tiga tahapan  reaksi, yaitu glikolisis,  siklus Krebs dan transpor elektron. Melalui siklus Krebs  akan dihasilkan  ….A. 8 NADH, 2 FADH2, dan 2 ATPB. 2 NADH dan 2 ATPC. 4 NADH, 1 FADH2 dan 1 ATPD. 2 NADH dan 34 ATPE. 8 NADH dan 2 FADH2


6. Pada reaksi  terang  terjadi 2 macam aliran elektron,  yaitu elektron  siklik dan non siklik. Pada aliran elektron  siklik akan  terbentuk  .’..A. ATPB. NADPC. GlukosaD. FerodoksinE. PGAL


7. Ridwan seorang  penderita hemofilia menikah’dengan  Siti wanita normal. Kemungkinan Anak laki-laki yang  menderita hemofilia  adalah …A. 0%B. 12,5%C. 25%D. 50%E. 75%


8. Mutasi merupakan  perubahan gen yang menyebabkan  perubahan  sifat  individu dan dapat diturunkan. Mutasi ini dapat terjadi secara alami dan buatan. Zat kimia yang dapat menyebabkan mutasi karenamempengaruhi adalah ….A. monosodium glutamat dan insektisida (DDT)B. kafein dan monosodium glutamatC. formaldehida dan insektisida (DDT)D. asam nitrat dan benzopirenE. benzoat dan asam sulfat


9. Suatu perkebunan membutuhkan  tanaman yang  memiliki kemampuan atau daya  tahan terhadap  serangan hama dan penyakit.  Teknik bioteknologi  yang dapat dilakukan untuk memenuhi  kebutuhan  tersebut adalah  dengan membuat  ….A. kloning transfer intiB. tanaman transgenikC. kultur jaringanD. kloning embrioE. hibridoma


10. Bakteri Acetobacter  xylinum banyak digunakan  dalam proses bioteknologi. Manakah pernyataan yang  tepat tentang bakteri  tersebut?A. Menghasilkan asam susu seperti yoghurt.B. Menghasilkan tauco yang digunakan sebagai bahan penyedapC. Digunakan untuk pembuatan minuman anggur dan birD. Membantu proses pembuatan nato de cocoE. Digunakan untuk menghasilkan protein sel tunggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *