Daftar Hewan Berbahaya di Indonesia yang Jarang Diketahui

  • 3 min read
  • Mar 23, 2020
Daftar Hewan Berbahaya di Indonesia yang Jarang Diketahui

Apa hewan berbahaya di Indonesia? Pasti mayoritas orang akan menjawab ular atau kalajengking. Namun tahukah anda, bahwa ternyata ada banyak lho hewan lain yang berbahaya bahkan tidak kalah berbahaya dari ular dan kalajengking. Mau tahu apa saja hewan-hewan berbahaya tersebut? Berikut ini adalah daftarnya.

  • Komodo

Komodo merupakan hewan asli asal Indonesia bahkan hanya ada dan akan di temukan di Indonesia saja. Bagian sebagian orang hewan ini terkenal berbahaya namun untuk orang yang belum tahu mungkin akan menganggap hewan ini jinak karena masuk ke dalam jenis hewan kadal yang tidak terlihat ganas.

Namun tahukah anda bahwa ternyata, komodo justru memiliki racun yang sangat berbahaya lho. Gigitan komodo dapat menyebabkan kelumpuhan otot, menurunkan tekanan darah hingga meninggalkan luka yang sangat parah.

Pada dasarnya, komodo tidak memakan manusia. Namun ia akan menyerang apabila ia merasa terancam atau merasa berada dalam bahaya. Maka dari itu, tidak di sarankan untuk melakukan kontak langsung dengan hewan yang satu ini jika anda memang tidak paham cara berinteraksi dengannya.

  • Ikan Batu

Bagi orang yang tinggal di pesisir pantai, tentu akan tahu dengan baik bahwa ikan ini berbahaya. Namun bagi orang yang awam, tidak akan tahu bahwa kalau ikan ini berbahaya. Ikan batu memiliki racun yang sangat mematikan, bahkan bisa mengancam keselamatan manusia.

Ikan batu memiliki jarum yang tersimpan pada bagian wajahnya. Dimana jarum ini akan keluar bagaikan pisau lipat.  Dimanan jika jarum tersebut mengenai tangan atau bagian tubuh anda maka akan berakibat fatal bisa merobek atau bahkan merusak syaraf di tubuh anda.

Lebih bahayanya lagi jika sampai racun yang ada pada ikan batu ini masuk ke dalam tubuh anda. Maka akan sangat berbahaya sekali bisa mengancam keselamatan anda secara serius.

  • Ikan Buntal

Hewan laut sepertinya memang memiliki banyak sekali jenis hewan yang berbahaya. Salah satu yang harus di waspadai adalah ikan buntal. Meski bentuk Ikan buntal ini sangat lucu, namun kenyataan sebenarnya tidaklah selucu bentuknya.

Hewan buntal memiliki racun pada bagian tubuhnya. Jika sampai anda konsumsi maka akan sangat berbahaya. Ikan buntal bisa mengakibatkan keracunan seperit mati rasa, kesemutan di sekitar mulut, mual dan muntah hingga lumpuh.

Bahkan efek yang paling berbahaya, jika racun tersebut masuk ke dalam tubuh dan tidak di tangani dengan baik maka bisa mengakibatkan kematian. Ikan ini oleh masyarakat sekitar pantai memang sering di jadikan ikan konsumsi, namun dengan teknik dan cara masak yang baik tidak sembarangan.

  • Bulu Babi

Bulu babi menjadi hewan ketiga yang juga terbilang cukup mematikan. Bulu babi di anggap berbahaya karena memang memiliki racun yang cukup berbahaya pada sekitar area tubuhnya. Biasanya bulu babi menyerang pada bagian kaki, karena masuk ke dalam laut tidak menggunakan alas kaki.

Racun dalam bulu babi ini dapat mengakibatkan kelemahan tubuh, nyeri otot, kelumpuhan sementara terjadi kerusakan pada sekitar area yang terkena bulu babi. Selain itu bulu babi juga bisa mengakibatkan gangguan pada pernafasan. Bahkan pada beberapa kasus, bulu babi bisa menyebabkan Kematian.

Maka dari itu,  sebelum masuk ke ke area pantai terlebih dahulu anda tanyakan apakah ada bulu babi atau tidak di area tersebut. Karena akan lumayan mengobati akibat terkena bulu babi ini.

  • Ular Sendok Jawa

Ular memang menjadi salah satu jenis hewan yang paling mematikan. Setiap tahunnya selalu ada saja kasus Kematian akibat ular. Nah salah satu jenis ular berbahaya dari Indonesia adalah ular sendok Jawa.

Ular ini lebih dikenal dengan sebutan ular kobra, namun orang Jawa lebih akrab menyebutnya dengan sebutan ular sendok. Racun yang dimiliki oleh ular yang satu ini sangat berbahaya sekali. Jika sampai masuk ke dalam tubuh maka bisa menghentikan pernafasan dengan cepat.

Dalam banyak kasus bisa mengakibatkan Kematian hanya dalam  hitungan menit saja. Ular sendok Jawa menjadi salah satu jenis hewan berbahaya di Indonesia yang paling berbahaya dan paling mematikan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *