Apakah Suara Dentuman Hanya Terjadi di Indonesia?

  • 2 min read
  • Apr 15, 2020
suara dentuman di indonesia luar negeri

Baru-baru ini, kita mendengar suatu suara yang sangat asing di telinga kita semua.

Banyak orang di Indonesia menyebutnya sebagai suara dentuman dan orang-orang yang berada di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Depok melaporkan
bahwa mereka telah mendengarnya.

Kurang lebih suaranya seperti ini.

Tentu saja hal ini menarik perhatian karena di tengah peristiwa meletusnya anak krakatau dan
pandemi covid-19. Terjadi suatu peristiwa lain yang suaranya mirip seperti… gempa.

Tapi, hal ini dibantah oleh BMKG bahwa suaranya bukanlah suara gempa, bukan pula suara yang berasal dari letusan
anak krakatau yang terjadi baru-baru ini.

Apakah Indonesia adalah satu-satunya negara yang mendengar suara aneh seperti dentuman?

Nyatanya tidak, ada beberapa negara di dunia yang juga mendengar suara mirip seperti dentuman, namun intensitasnya tidak sebesar yang terjadi di Indonesia.

Mereka yang ada di luar sana menyebutnya “the hum”. Suaranya seperti mesin diesel truk yang sedang menjauh menurut reporter BBC.
Berikut ini rekaman dari daerah Nex Mexico. Auckland, New Zealand. Dan, di Spanyol.

Banyak yang masih heran dengan asal datangnya suara tersebut. Darimanakah datangnya? Karena suara ini tentu membawa ketakutan.

Seperti sedang berjalan di tengah hutan saat malam hari, lalu tiba-tiba ada seseorang memanggil. Kamu tidak tahu asal suaranya, tetapi mencoba menyahut dan mengikuti asal datang suara tersebut.

Kemanapun kamu o

Dalam jurnal yang dipublikasikan oleh American Geophysical Union, suara aneh ini besar kemungkinan disebabkan oleh aktivitas mikroseismik
yang terjadi di dasar lautan.

Aktivitas mikroseismik bisa terjadi karena adanya gelombang dasar laut. Menurut Fabrice Arduin, seorang peneliti asal Perancis,
“Tekanan dari gelombang dasar laut dapat memproduksi gelombang seismik yang membuat Bumi berosilasi” Centre National de la Recherche Scientifique in France.

Gelombang tersebut dapat memproduksi suara bervariasi dari 13 detik hingga 300 detik. Dan suara ini dapat terdengar kebanyakan oleh mereka yang kotanya berada di pesisir pantai.

Tentu saja, penelitian tersebut masih berlanjut dan belum menjawab peristiwa ini seutuhnya. Jadi, untuk sementara, jawaban dari fenomena ini belum kita ketahui. Mari kita tunggu
konfirmasi dari BMKG mengenai asal mula suara ini juga peneliti di luar sana. Barangkali, suara-suara aneh tersebut berkaitan satu sama lain dan bisa menjawab misteri di planet kita.

Terima kasih telah menonton Sainsologi.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *