7 Ilmuwan Islam Terkenal Dari Ahli Kedokteran Hingga Matematika

  • 3 min read
  • Mar 19, 2020
7 ilmuwan islam terkenal yang membawa tinta keemasan dan berjaya keren

Sebelum seperti sekarang, Islam pernah mengalami kejayaan yang luar biasa hingga menguasai setengah dari peradaban dunia. Dimana pada tahun 780 M – 1258 M merupakan tahun kejayaannya yang melahirkan banyak ilmuwan islam terkenal yang berpengaruh pada peradaban dunia hingga sekarang ini.

Jika kamu melihat perkembangan ilmu kedokteran hingga ilmu Matematika sekarang ini, maka kamu harus bahwa orang pertama yang mencetuskan ide-ide utamanya adalah orang-orang Islam. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ini saya rangkum daftarannya.

  • Ibnu Sina

Perkembangan ilmu kedokteran sekarang sudah begitu maju dengan sangat pesat sekali. bahkan jika dibandingkan dengan era jaman dulu akan sangat jauh sekali. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa perkembangan ilmu kedokteran sekarang ini di dasari oleh pemikiran seorang Muslim taat yaitu Ibnu Sina.

Beliau merupakan seorang ilmuwan muslim asal Persia yang menulis sebuah buku berjudul “The Canon Of Medicine”. Hebatnya, buku yang ditulisnya tersebut menjadi pedoman mahasiswa kedokteran di Eropa hingga pada tahun 1600’an.

  • Ibnu Al-Nafis

Satu lagi ilmuwan muslim yang memiliki pemaham tinggi dalam dunia medis, yaitu Ibnu Al-Nafis. Beliau merupakan seorang ilmuwan yang pertama kali menemukan teori pembuluh darah kapiler. Dalam teori yang dibuatnya, Ibnu Al-Nafis secara detail dan akurat menjelaskan sistem peredaran darah dalam tubuh manusia.

Penemuan dan teorinya ini sontak menjadi salah satu penemuan yang menggamparkan dunia kala itu. Bahkan dari hasil penemuannya ini dia di juluki dengan sebutan bapak fisiologi peredaran darah. Hingga saat ini teori Ibnu Al-Nafis masih digunakan dalam dunia medis.

  • Jabir Ibnu Hayyan

Jika kamu merupakan yang suka dengan teori-teori kimia maka kamu tentu akan kenal dengan ilmuwan muslim Jabir Ibnu Hayyan. Jabir Ibnu Hayyan merupakan seorang ilmuwan muslim di bidang ilmu kimia. Dia merupakan orang yang pertama kali menemukan zat yang dapat melarutkan emas.

Selain itu, Jabir Ibnu Hayyan juga merupakan orang yang pertama kali menemukan asam sulfat, nitrat dan juga Klorida. Bahkan ia juga berkontribusi dalam penemuan alkali. Karya lain Jabir Ibnu Hayyan yang berbentuk buku ialah seperti kitab Al-Kimya, Kitab Al-Sab’een dan lain-lain.

  • Al Zahrawi

Ia juga merupakan seorang ilmuwan muslim yang bergerak di bidang kedokteran. Dimana Al Zahrawi berhasil menemukan sistem operasi modern yang hingga saat ini digunakan para dokter. Hasil penemuannya ini berhasil mengubah dunia medis.

Dimana teori-teori kedokteran Al Zahrawi digunakan ketika melakukan operasi persalinan. Hingga saat ini, teori Al Zahrawi masih digunakan untuk menyelamatkan wanita yang melakukan proses persalinan.

  • Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun merupakan salah satu ilmuwan muslim yang paling saya kagumi. Karena menurut biografinya, Ibnu Khaldun  sudah hafal al-quran sejak masih kecil. Ini yang menginspirasi banyak hal dalam hidup saya.

Ibnu Khaldun ini merupakan seorang ilmuwan muslim yang bergerak di bidang ilmu historiografi, sosiologi dan juga ekonomi. Dar sekian banyak karya yang berhasil dibuatnya, salah satu yang paling terkenal dan paling banyak di gunakan adalah bukunya berjudul “Muqaddimah”.

  • Al-Batani

Al-Batani merupakan seorang ilmuwan muslim di bidang astronomi dan Matematika berkebangsaan Arab. Salah satu penemuannya yang paling terkenal dalam bidang astronomi adalah tentang penemuan tahun matahari dengan hasil perhitungan 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik.

Selain itu, dia juga berhasil menemukan beberapa formula perhitungan rumus Matematika. Al-Batani berhasil menemukan trigonometri dan juga berhasil memecahkan persamaan sin x= a cos x. Dari beberapa penamuannya ini berhasil melambungkan namanya di dunia sebagai salah satu ilmuwan yang jenius.

  • Al Khawarizmi

Mengenal Al Khawarizmi pertama kali saya tahu dari buku perpustakaan di SMP. Begitu terkesan dengan biografinya. Semasa hidupnya, beliau ini adalah orang yang penuh dengan dedikasi. Al Khawarizmi merupakan ilmuwan muslim paling berpengaruh di dunia.

Beliau adalah orang yang pertama kali menemukan penomoran 1-10 dan juga berhasil menemukan konsep aljabar dan algoritma. Hingga saat ini semua konsepnya masih digunakan bahkan dalam berbagai praktek keilmuwan.

Itulah 7 ilmuwan islam terkenal dan paling berpengaruh hingga sekarang. Manakah ilmuwan muslim yang paling kamu kagumi? Komen di bawah.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *