6 Fakta Pendidikan di Indonesia yang Bikin Sedih

  • 3 min read
  • Mar 22, 2020
Fakta pendidikan di Indonesia keterbelakangan peringkat bodoh tidak baik

Fakta Pendidikan di Indonesia yang Bikin Sedih

Bicara masalah pendidikan, maka anda akan menemukan banyak fakta pendidikan di Indonesia yang bisa membuat hati anda miris bahkan menangis. Bukan hanya soal sekolahnya yang jelek, melainkan karena sarana prasarana dan juga guru beserta siswanya.

Saya merupakan orang kampung, besar di daerah pegunungan merasakan betul bagaimana pendidikan di sana seperti apa. Namun setelah saya kuliah dan sering berkunjung ke beberapa daerah lain, serta membaca banyak referensi ternyata ada banyak fakta menyedihkan lainnya terkait pendidikan yang ada di Indonesia.

Nah untuk anda yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa fakta menyedihkan seputar pendidikan yang ada di Indonesia.

  1. Gaji Guru 200 Ribu

Fakta menyedihkan pertama dari pendidikan Indonesia adalah masih banyak gaji guru yang sebesar 200 ribu. Bahkan masih ada juga guru yang tidak mendapatkan pesangon sama sekali ketika ia mengajar dan hanya dengan rasa ikhlas saja yang mereka dapatkan.

Padahal investasi pendidikan pemerintah untuk pendidikan itu lumayan tinggi. Namun sayangnya, tidak biaya tersebut tidak tepat sasaran. Fakta lapangannya banyak guru yang justru tidak mendapatkan dengan sesuai yang di harapkan.

  1. Banyak Sekolah yang Tidak Layak

Buka hanya guru, bangunan sekolah yang ada di Indonesia juga sangat mengkhawatirkan. Di perkotaan mungkin jarang sekali di temukan sekolah yang kumuh atau bahkan tidak layak guna. Namun di beberapa daerah terpencil justru sekolah yang kumuh bahkan tidak layak guna ada banyak sekali jumlahnya.

Ketika kuliah saya mendapatkan lokasi KKN di wilayah selatan Indonesia. Lokasinya sangat jauh dari perkotaan, jangankan Mall, menemukan warung saja sangat sulit. Sekolah-sekolah di sana begitu memprihatinkan. Bahkan angka pendidikan saja masih sangat rendah sekali. Sekolah banyak yang menggunakan dinding dari bambu dengan beralaskan tanah.

  1. Berangkat Sekolah Nyebrang Jembatan Tali

Tidak meratanya pembangunan di Indonesia membuat banyak anak-anak di Indonesia  yang harus memaksakan diri mereka untuk berangkat sekolah dengan menyeberang jembatan tali. Ini tentu sangat berbahaya sekali, bahkan sangat berisiko.

Jika sampai salah injak tali atau bahkan terpeleset saat karena talinya licin, maka sudahlah anak itu pasti akan terjun ke atas sungai. Hanya untuk bisa mendapatkan pendidikan saja anak-anak di Indonesia harus bertaruh dengan nyawanya.

  1. Tidak di Ajarkan Budaya Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Namun sayangnya, mereka tidak di ajarkan budaya daerahnya masing-masing. Hal ini membuat banyak anak Indonesia yang justru lupa dengan budayanya dan lebih mencintai budaya luar.

Padahal beberapa negara lain yang berhasil dalam dunia pendidikannya sangat menjunjung tinggi budaya negaranya. Hal tersebut dapat membuat negara tersebut berkepribadian khusus sesuai dengan budayanya tidak meniru negara lain yang belum tentu cocok dengannya.

  1. Biaya Pendidikan yang Mahal

Saat negara lain sudah menggratiskan semua biaya pendidikan, Indonesia masih menaruh tarif mahal untuk sektor pendidikan. Padahal pendidikan adalah pencipta SDM yang unggul guna menciptakan generasi yang lebih baik untuk membawa negara ini berkembang dengan lebih baik.

Namun Management pendidikan Indonesia belum sanggup sampai ke arah sana. Sehingga banyak anak hingga orang tua yang tidak mampu menyelesaikan pendidikannya karena masalah financial untuk membiayai pendidikan anaknya.

  1. Angka Putus Sekolah Tinggi

Di hampir semua wilayah, khususnya di berbagai wilayah yang masih terpencil angka putus sekolah sangat tinggi sekali. Termasuk di beberapa sekolah yang pernah saya gunakan sebagai tempat KKN dulu. Angka pendidikan rata-rata di sana hanya sampai SD, data itu terjadi pada tahun 2015, bahkan yang tidak sekolahpun masih banyak. Alasannya adalah membantu orang tua berkebun.

Hal ini tentu sangat miris sekali, anda yang berada di area perkotaan mungkin tidak akan merasakan hal ini. Namun di ujung sana masih ada banyak anak Indonesia yang justru tidak bisa menikmati pendidikan sebagai mana layaknya.

Nah itulah beberapa fakta pendidikan di Indonesia yang sangat menyedihkan sekali apabila kita memperhatikannya. Masih ada banyak fakta lainnya loh, update terus blog ini askan saya bahas banyak fakta lainnya yang lebih menarik.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *